Gunakan Mesin Pencari


Google





16 Juli 2007

Problem phpCMS Setelah Migrasi Server di Master Web Network



phpCMS adalah Content Management System yang digunakan oleh interdimension.org untuk mengelola site ini. Dari sekian banyak CMS bersifat open source, pilihan jatuh kepada phpCMS karena aplikasi ini cukup fleksibel dan handal dalam menangani web site berukuran kecil. phpCMS sangat mudah untuk diimplementasi di berbagai environment yang disediakan oleh penyedia jasa web hosting karena phpCMS tidak membutuhkan database server khusus. Selama web server yang digunakan mendukung penggunaan PHP maka phpCMS dapat berjalan dengan sempurna.

phpCMS adalah aplikasi open source yang mengagumkan karena tidak memiliki keterbatasan yang umumnya disebabkan oleh "kepicikan fanatisme sektarian" kaum militan "open source mania". Tidak peduli apakah web server yang digunakan adalah Apache atau Microsoft IIS, phpCMS dapat beroperasi sama baiknya.

Di awal bulan Juni 2006, Master Web Network, penyedia jasa layanan web hosting yang digunakan oleh interdimension.org melakukan proses migrasi ke server baru guna meningkatkan kualitas layanan mereka. Kebijaksanaan ini patut untuk dipuji karena interdimension.org merasakan terjadi peningkatan waktu response yang cukup berarti dari web server baru.

Sayangnya proses migrasi ke server baru ini menyebabkan phpCMS yang digunakan oleh interdimension.org tidak dapat berjalan dengan mulus. Tampilan Server Error! muncul diseluruh halaman interdimension.org. Bagian support Master Web Network menyatakan bahwa file .htaccess yang digunakan oleh interdimension.org yang menyebabkan Error 500 terjadi. Aneh memang karena di server yang lama, .htaccess yang sama tidak menyebabkan masalah apa pun.

interdimension.org akhirnya mendapati bahwa entry .htaccess berikut yang ditujukan agar phpCMS beroperasi secara stealth mode yang menyebabkan masalah ini:

AddType application/x-httpd-parse .htm
Action application/x-httpd-parse "/parser/parser.php?file="





Hal ini mengindikasikan bahwa modul mod_actions Apache 2 yang berjalan di server baru tidak beroperasi dengan baik. Apakah problem mod_actions ini disebabkan oleh konfigurasi Apache yang kurang tepat? interdimension.org tidak mendapatkan jawaban apa pun saat menanyakannya ke bagian support Master Web Network.

Stealth mode pada phpCMS bertujuan untuk mempermudah pengunjung saat mengakses halaman-halaman yang ada tanpa harus mengunakan URL yang kurang bersahabat seperti:

http://www.interdimension.org/parser/parser.php?file=/it/index.htm





Dengan gagalnya mod_action Apache dalam mengakomodasi stealth mode phpCMS maka hanya ada satu pilihan yang mudah-mudahan dapat digunakan pada environment baru ini. Pilihan terakhir adalah menggunakan mod_rewrite yang disediakan oleh Apache. Panduan penggunaan mod_rewrite yang disediakan oleh phpCMS ternyata tidak berjalan dengan baik pada server baru Master Web Net sehingga harus di-godok sedemikian rupa menjadi:

RewriteEngine on
RewriteBase /
RewriteRule ^$ index.htm [NC]
RewriteRule ^(.*)/$ /$1/index.htm [NC]

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} -f
RewriteRule ^(.*)\.htm$ /parser/parser.php?file=/$1.htm [L,PT,QSA,NC]

Beruntunglah mod_rewrite Apache dapat berjalan dengan baik sehingga fasilitas stealth mode yang disediakan oleh phpCMS masih tetap dapat digunakan di server baru yang disediakan oleh Master Web Network. Sedikit informasi tambahan, interdimension.org tidak mengalami problem mod_action pada environment Apache 2.0.54 dan PHP 5.1.1 yang dijalankan diatas sistem operasi Microsoft Windows 2003

Sumber: Hadi Yani

    << Homepage


Free Blog Content



Sekilas Info

IP

Rank






Powered by  MyPagerank.Net




webcounter

Ari Afriawan's Profile
Ari Afriawan's Facebook Profile
Create your badge

Archives

+ Juli 2007
+ Agustus 2007
+ Februari 2008
+ September 2008
+ November 2008
+ Desember 2008
+ Januari 2009
+ Februari 2009
+ Maret 2009
+ April 2009
+ Juni 2009
+ Agustus 2009
+ Oktober 2009
+ November 2009
+ Mei 2010


Sponsor Resmi




Blog Teman


Informasi


Blog Tutorial
Blog Sharing
Blogger Indonesia
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
100 Blog Indonesia Terbaik

Copy Code Berikut Ke Blog Anda


Arinov


Friends banner




Ari_Novita
Dunia Blogger
Segelas Air Putih
GADO-GADO

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Tukar Link
Image Hosted by ImageShack.us




Keep-My-Mind



Photobucket
SCIENTIFIC FASTING

Architectural Corner
Infokom 2008
www.sampara.com

Photobucket
hir
Photobucket
Free Template



Spirit of Going to Better Life -> Motivasi, soulful, renungan, hikmah, opportunity, bisnis, healthy & product
Tukar Link sevanusngeblog.blogspotcom
MiewzZ Blog
Blog Yos
Blogger